Sabtu, 24 Oktober 2009

J-RockS' Albums 'ROAD TO ABBEY'




ReviewReviewReviewReviewRoad to Abbey by Rian_japanest
Category:Music
Genre: Rock
Artist:J-Rocks
Cover : 9
Packaging : 8,5 ;p
Sekarang kita bahas per lagu2 nya…

Hemmm…here we come, mini album nya JR, kalo kata anak2 JR sih oleh2 dari London, hasil menang Soundrenaline 2008 kemarin, dan ni album dedicated to J-Rockstars [secara mereka bisa ke London juga karena support dari para J-Rockstars], dan yagh…setelah nunggu CUKUP lama, akhirnya rilis juga album yang udah dinanti2 para J-Rockstars ini, album ini direkam dengan sistem live dan kejar setoran [soalnya mereka di London kan cuman beberapa hari, dapet jatah rekaman cuman 5 hari kalo ga salah inget [gw lupa waktu itu Wima udah cerita, berapa hari gitu jatah rekamannya, sementara materi yang mereka bawa ada 5 track, dan itu ga cuman rekaman,tapi sampe mastering, so emang bener kan kalo disebut kejar setoran..ato kejar tayang ya..hehe..]

Sempet ragu and was-was, kek gimana ya bakalannya ni album, trus ntar gimana juga respon pasar, waktu Iman cerita kalo ini ntar bakalan dirilis model single / mini album gitu, kayak band2 Jepang gitu sistem nya..yaaa…secara ini Indonesia, dan konsumen musik Indonesia terbiasa belinya langsung album yang satu CD tu isinya banyakan gitu..ekonomis..hehe..
Tapi ternyata yang menantikan cukup banyak juga [ya iya lah…secara J-Rockstars kan sekarang udah rame banget] dan harganya ternyata juga ga gitu mahal…25ribu untuk 5 lagu..yaaaa…STD lah..hehe..
Mini album ini isinya 5 track, gw mo review satu persatu yak..

1. Road to Abbey [song : JR | arranged by : JR]
Ini isinya instrumental doing, lebih bisa dibilang inilah track yang isinya intro2 JR ketika live perform, disini ntar kita bisa liat seberapa dalam cinta mereka ke Muse, soalnya ada bagian yang mirip sama salah satu intro Muse..hehehehe…trus di opening nya tu ada suara orang2 ngobrol gitu, kayaknya sih itu anak2 pada ngobrol2 gitu..hehe..nice..gw dari dulu emang suka intro2nya JR…so powerfull, rockin’, smangat banget.. :)

2. Fallin’ In Love [Indonesian version] [song : Wima | lyric : Anton, Jannu, Iman, Ari SW | arranged by : JR & Pay]
Lagu mellow ala J-Rocks [tetep aja suara nge rock nya Iman bikin ni lagu rada2 gahar] gahar2 lembut..haha..
Disini JR maen mellow and pop, temanya cinta2an gitu..ini yang jadi single pertama dari mini album ini, klip nya digarap di London sekalian, modelnya cewek Indonesia yang lagi kul disana..
Reaksi fans terhadap lagu ini sih beragam ya, banyak yang bilang “ah JR sekarang kok mellow sih, nge pop, ga oke, ga asyik…” but hey, look at the fact, justru lagu ini yang menarik banyak fans2 baru, bahkan dari kalangan yang tadinya ga tau J-Rocks, kalangan2 yang tadinya bilang J-Rocks jelek..jadi ngelirik J-Rocks kan sekarang..so..I give 8 poin for this single :)

3. Hanya Aku [song : Iman | lyric : Jannu, Iman, Anton, Ari SW | arranged by : JR & Pay]
Ini dia, lagu religious nya JR kali ini, dari album pertama tu udah jadi kebiasaan JR buat nyisipin lagu religi, tapi banyak yang ga tau, soalnya JR mengemas lagu2 religi mereka beda dari band2 lain, ketika band2 lain ngebikin lagu religi nya bener2 yang religious [dari satu sisi agama], JR membuat nya secara universal, jadi tanpa kata2 yang langsung frontal nyebut nama Tuhan atau bahkan bermenye2 ria..nope..
Lagu religi mereka justru selalu yang kemasannya paling gahar, let say Into The Silent, Entah Bagaimana, Tersesal, sampai ini yang terbaru Hanya Aku [Aku disini mengacu pada Tuhan] musiknya justru yang paling sangar, paling ngerock..
Alasan mereka, karena J-Rockstars universal, ga hanya dari satu agama aja..yup…you are right brothers :)
Bener2 rocker2 sakinah lah mereka ni kalo kayak gini..hehe..lagu agamis justru dibikin jadi lagu yang paling ngerock di albumnya..

Btw, gw lebih suka mendengar versi rekaman dari lagu ini daripada yg gw denger pas live mereka di Jogja Desember 2008 kemarin, soalnya yg gw denger di CD ini samplingnya lebih kedenger..yup..disini mereka maen2 sampling, sebenernya di lagu Fallin’ in Love mereka udah maen sampling [perhatiin suara piano di intronya, itu sampling], trus pas jaman maen KCL itu juga udah pake sampling..dan sampling yang mereka maenin di lagu ini asyik banget, jadi berasa kayak ada rasa dugeman, tapi rock juga, dan liriknya..liriknya religious, ummm..tepatnya apa ya..kayak rada nge sufi gitu, karena Tuhan seperti digambarkan sebagai seorang kekasih [kekasih yang narsis, karena meng klaim bisa melakukan semuanya untuk kita, dan cintaNya ga akan pernah hilang]..dari liriknya gw tau banget ini lirik pengaruh Iman banget, gw tau banget tu anak demen sufi2an gitu..dia kan sedang mendalami tasawuf gitu..dan ya efeknya ke lagu2 religius nya dia, Tuhan digambarkan sebagai kekasih :)
Oiya, FYI sampling di lagu2 JR digarap pake Nuendo [kata Sony] dan yang garap katanya sih banyakan si Sony..hhehe..
Gw kasih nilai 8,5 buat lagu fave gw ini… :)

4. Meraih Mimpi [song by : Jannu & Sony | lyric : Jannu, Anton, Sony | arranged by : J-Rocks & Pay]
Theme song nya MTV Staying Alive 2008 niiihhh…ok banget, ceria, penuh semangat, pas banget sama judul and liriknya..intro nya rada nyerempet ke lagu Bintang Kecil lho, kalo ada yg inget JR pernah maen di Idola Cilik maenin Bintang Kecil, intro nya kan mirip ama intro nya lagu ini..hehe..
Yg bikin gw demen lagu ini, suara nya Wima and Sony nge backing lucu..hihihi…nyaring2 lucu gitu..hehe..
Yaaahhh ini tipikal lagu riang nya J-Rocks yak..hehe..tapi ni lagu bener2 bikin ceria banget, ngumplitin ni album lah..ada lagu mellow nya, ada lagu nge rock nya, ada lagu up beat nya..bener2 khas J-Rocks, kumplit..semua rasa ada..dah kayak permen aja..hehe..
8 poin buat lagu penyemangat jiwa ini..hehe..

5. Fallin’ in Love [English] [song by : Wima | Lyric : Wima | Arranged by : J-Rocks & Pay]
Ini adalah English version dari lagu Fallin’ in Love, lirik nya aneh kata J-Rockstars yang udah dengerin..sama..gw juga koment gtu waktu pertama kali denger lirik lagu ini, tapi kemudian ketika gw telaah lagi liriknya, gw simpulkan bahwa Wima berpuisi disini, jadi emang kita ga bisa terjemahin secara harfiah dari English ke Indonesian, karena emang bakalan aneh meaning nya..hehe..
Entar deh gw posting juga hasil telaah gw tentang lirik lagu ini [puisi yang gw create dari lirik lagu ini yang diterjemahin ke Indonesia] :D
Dari segi musik nya ga beda lah ama yang versi Indonesia, kan cuma beda lirik doang.. :)
8 deh poinnya mas Wima yaaaaaaaa..heheuwww…[jadi inget waktu gw dengan PD nya nanya ke dia, siapa sih yg bikin lirik English nya..kok aneh..dan Wima menjawab dengan santainya “gw yang bikin English nya” tweewwweeewwwww….wakakakakakakakakkk…sorry mas Wim…!!!hehehe…]

And overall, gw kasih nilai 8,5 buat mini album ini..bener2 oleh2 yang eksklusif, fantastis, bombastis, mejik, spektakuler, dahsyat, hilarious, fabulous, fenomenal, spiritual, additional…lhohhh…hihihi…
Good job lah bro.. ;)

Review by : Rian_Japanest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar